Friday, May 11, 2018

Sejarah dan Perkembangan Penemu Lampu

Sejarah dan Perkembangan Penemu Lampu

Sejarah dan Perkembangan Penemu Lampu

CeritaDhoeloe. - Edison tidaklah penemu hanya satu yang berupaya serta ikut serta dalam penemuan bola lampu. Salah satu kompetitor intinya yaitu Joseph W. Swan dari Inggris. Februari 1879 Swan tunjukkan lampu bekerja ke satu universitas di Newcastle. Lampu milik dia memiliki kandungan unsur-unsur yang beberapa besar ada juga pada lampu punya Edison pada bln. Oktober, satu lampu dengan bola lampu kaca yang hampa serta tertutup dari udara, kabel penyambung platinum, serta elemen pemancar sinar yang terbuat dari karbon.

Meski begitu mengapa Edisonlah yang senantiasa dikreditkan jadi penemu bola lampu. Lampu bristol punya edison yang dipublikasikan pada desember th. 1879 mempunyai usia kerja hingga 150 jam, serta lampu bambu milik dia yang dipublikasikan pada awal th. 1880 bisa bertahan hingga 600 jam. Perealisasian berkenaan resistensi yang tinggi, serta untuk rancangansinya berkenaan lampu jadi satu sisi dari sistem yang terintegrasi, jadi wajarlah Edison dikreditkan jadi penemu bola lampu praktis pertama. Jadi argumen Thomas Alva Edison dinobatkan jadi penemu lampu pijar karna temuannya lebih dulu dipublikasikan serta di terima oleh orang-orang.

B. Perkembangan Lampu (Pijar - Flouresent-Halogen-LED)

  • 1. Bohlam atau lampu pijar 
Ini adalah type lampu paling classic. Lampu ini adalah satu bola kaca berisi dawai pijar, zat argon, nitrogen, kripton, hidrogen, dan sebagainya. Lampu pijar kuras banyak daya buat dapat bercahaya jelas, terlebih seandainya dibanding dengan lampu TL (fluorescent). Satu lampu bohlam cuma bisa bertaham sepanjang seribu jam atau kurang lebih 4 bln. penggunaan.
  • 2. Lampu fluorescent atau TL 
Di orang-orang umum, lampu ini di kenal dengan nama lampu neon. Ada beragam bentuk lampu neon, dari mulai memanjang (standard), spiral, atau seperti lampu bohlam. Lampu neon lebih jelas benderang serta ekonomis daya. Satu lampu neon nan baik dapat selalu menyala sepanjang 15 ribu jam, atau sepanjang penggunaan 10 th..
  • 3. Lampu halogen 
Lampu halogen adalah lampu nan di buat dari kaca kuarsa. Lampu halogen umumnya digunakan jadi lampu spot. Yang disebut dengan lampu spot adalah lampu nan cahayanya tidak menebar tetapi cuma menghadap ke satu ruang. Lampu spot banyak diperlukan di galeri seni, jadi lampu taman, dsb.
  • 4. Lampu LED 
Pada th. 1993 Ilmuan Jepang Shuji Nakamura meningkatkan LED biru untuk pertama kalinya serta begitu efektif, LED di kisaran spektrum hijau (InGaN diode). Sebagian saat selanjutnya ia juga membuat LED putih. 

Lampu LED (Light-Emitting Diode) tak memiliki kandungan mercury makanya tak membuahkan panas. Pasti ini juga akan buat ruang jadi lebih dingin dibanding seandainya memakai lampu umum. Ini berisi AC (Air conditioning) bekerja lebih enteng makanya penggunaan listrik lebih irit.

Dari sisi ketahanan, lampu ini kian lebih tahan lama dari pada lampu tabung umum. Lampu led dapat diperlukan dimanapun, karna memakai daya listrik DC, lampu ini memperoleh daya dari aki kering, aki basah, aki mobil, atau dapat juga ambil daya dari panel solar untuk listrik gratis tenaga surya. Lebih tahan lama. Lampu LED (Light Emiting Diode) punyai ketahanan 60x lebih lama dari pada lampu Incandescent, serta 10x lebih lama dari pada lampu tipe Fluorescent.

C. Apa Itu LED SMD serta LED COB

  • Led SMD (Surface Mounted Piranti) 
" Surface Mounted Piranti " (SMD-chip) atau LED SMD sudah diperlukan untuk membuat semua suatu hal dari bola lampu strip lampu, serta bahkan juga tanda panggilan pada hp. Chip SMD sudah perubahan yang begitu mutlak untuk industri LED karna kapabilitas untuk letakkan 3 dioda pada chip yang sama. Saat chip termasuk juga dioda merah, hijau, serta biru, Anda mempunyai chip yang bisa buat warna yang Anda kehendaki dengan sesuaikan tingkat output dari semasing individu dioda pada chip.
  • LED COB (Chip On Board) 
Perkembangan LED terkini sudah " Chip On Board " atau tehnologi COB. COB serta SMD bisa disebutkan sama karna seperti SMD, chip COB mempunyai sebagian dioda pada yang sama " wafer " atau keping. Namun, ini yaitu dimana persamaan selesai. Bahkan juga, pada tiap-tiap keping COB terdapat banyak dioda ; umumnya 9 atau lebih. 

Ketidaksamaan besar yang lain pada COB serta tehnologi SMD terdapat pada fakta kalau sesaat SMD perlu circuit untuk tiap-tiap dioda diikutkan pada chip, piranti COB cuma mempunyai 1 circuit serta 2 kontak untuk semua chip lepas dari jumlah dioda. Ini desain circuit tunggal, lepas dari jumlah dioda pada chip, menghadap ke kesederhanaan untuk sisa COB piranti LED.

0 comments:

Post a Comment