Sunday, April 29, 2018

Sejarah Penemu Komputer Pertama Hingga Perkembangannya

Sejarah Penemu Komputer Pertama Hingga Perkembangannya

Sejarah Penemu Komputer Pertama Hingga Perkembangannya

CeritaDholoe. - Mulai sejak dulu, sistem pemrosesan data sudah dijalankan oleh manusia. Manusia juga temukan alat-alat mekanik serta elektronik untuk menunjang manusia dalam penghitungan serta pemrosesan data agar dapat memperoleh hasil lebih cepat. Computer yang kita jumpai sekarang ini yaitu satu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia mulai sejak waktu lampau berbentuk alat mekanik ataupun elektronik 

Sekarang ini computer serta perangkat pendukungnya sudah masuk dalam tiap-tiap segi kehidupan serta pekerjaan. Computer yang ada saat ini mempunyai kekuatan yang lebih dari sebatas perhitungan matematik umum. Salah satunya yaitu system computer di kassa supermarket yang dapat membaca kode barang berbelanja, sentral telepon yang mengatasi juta-an panggilan serta komunikasi, jaringan computer serta internet yang menghubungkan beraneka tempat didunia. 

Sejarah Computer menurut periodenya yaitu : 

Alat Kalkulasi Tradisionil serta Kalkulator Mekanik 
  • Computer Generasi Pertama 
  • Computer Generasi Kedua 
  • Computer Generasi Ketiga 
  • Computer Generasi Keempat 
  • Computer Generasi Kelima 

1. Computer Generasi Pertama (1946­ – 1959) 
Dengan terjadinya Perang Dunia II, negara­negara yang ikut serta dalam perang itu mengupayakan meningkatkan untuk mengeksploit potensi strategis yang dipunyai computer. 
Hal semacam ini tingkatkan pendanaan pengembangan computer dan mepercepat perkembangan tehnik computer. 
  • Colassus 
  • Mark I 
  • ENIAC 
  • EDVAC 
  • UNIVAC I 
Ciri computer generasi pertama yaitu : 
 Pemakaian tube vakum (yang buat computer pada saat itu mempunyai ukuran begitu besar) 
Ada silinder magnetik untuk penyimpanan data. 
Instruksi operasi di buat dengan khusus untuk satu pekerjaan spesifik. 
Setiap computer mempunyai program kode­biner yang tidak serupa yang dimaksud “bahasa mesin” (machine language). Hal semacam ini membawa dampak computer susah untuk diprogram serta membatasi kecepatannya. 

2. Computer Generasi Ke-2 (1959­ – 1964)
Stretch serta LARC 
Mesin pertama yang menggunakan tehnologi baru ini yaitu superkomputer. IBM buat superkomputer bernama Stretch, serta Sprery­ Rand buat computer bernama LARC. Komputer­komputer ini, yang diperkembang untuk laboratorium daya atom, bisa mengatasi beberapa besar data, satu buah kekuatan yang begitu diperlukan oleh peneliti atom. Mesin itu begitu mahal serta condong sangat kompleks untuk keperluan komputasi usaha, hingga membatasi kepopulerannya. 
Hanya ada dua LARC yang sempat dipasang serta dipakai : satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, serta yang lain di US Navy Research and Development Center di Washington D. C. Computer generasi ke-2 menukar bhs mesin dengan bhs assembly. Bhs assembly yaitu bhs yang memakai singkatan­singakatan untuk menukar kode biner. 

Pada awal 1960­an, mulai bermunculan computer generasi ke-2 yang berhasil di bagian usaha, di kampus, serta di pemerintahan. Computer generasi ke-2 ini ialah computer yang seutuhnya memakai transistor. Mereka juga mempunyai komponen­komponen yang bisa diasumsikan dengan computer pada sekarang ini : printer, penyimpanan dalam disket, memory, system operasi, serta program. 

Tanda-tanda computer pada generasi ke-2 : 

Pemakaian transistor hingga ukurannya lebih kecil 
Ada pengembangan memori inti­magnetik menunjang pengembangan computer generasi ke-2 yang lebih kecil, lebih cepat, semakin dapat dihandalkan, serta lebih irit daya di banding beberapa pendahulunya 
Pergantian dari bhs mesin jadi bhs Asembly 
Nampak bhs pemrograman COBOL serta FORTRAN 

3. Computer Generasi Ke-3 (1964­ – 1970) 
Walaupunpun transistor dalam beberapa hal mengungguli tube vakum, tetapi transistor hasilkan panas yang cukup besar, yang bisa punya potensi mengakibatkan kerusakan bagian­bagian internal computer. Batu kuarsa (quartz rock) menyingkirkan persoalan ini. Jack Kilby, seseorang insinyur di Texas Instrument, meningkatkan circuit terintegrasi (IC : integrated sirkuit) di th. 1958. IC menggabungkan tiga komponen elektronik dalam satu buah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. 

Pada ilmuwan lalu sukses memasukkan semakin banyak komponen­komponen kedalam satu chiptunggal yang dimaksud semikonduktor. Akhirnya, computer jadi makin kecil karna komponen­komponen bisa dipadatkan dalam chip. Perkembangan computer generasi ke-3 yang lain yaitu pemakaian sistem operasi (operating sistem) yang sangat mungkin mesin untuk mobilisasi beraneka program yang tidak serupa dengan serentak dengan satu buah program paling utama yang memantau serta mengkoordinasi memori computer. 
Tanda-tanda computer pada generasi ke-3 :
  • Pemakaian IC (Intregrated Sirkuit) 
  • Ukuran computer jadi lebih kecil 
  • Diketemukannya System Operasi 

4. Computer Generasi Keempat (1979­ – saat ini) 
Sesudah IC, tujuan pengembangan jadi lebih terang : mengecilkan ukuran circuit serta komponen­komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) bisa berisi beberapa ratus komponen dalam satu buah chip. Pada th. 1980­ an, Very Large Scale Integration (VLSI) berisi beberapa ribu komponen dalam satu buah chip tunggal. Ultra­Large Scale Integration (ULSI) tingkatkan jumlah itu jadi juta-an. Kekuatan untuk menempatkan demikian banyak komponen dalam satu keping yang berukurang 1/2 keping uang logam mendorong turunnya harga serta ukuran computer. Hal itu juga tingkatkan daya kerja, efisiensi serta keterandalan computer. 

Chip Intel 4004 yang di buat pada th. 1971 membawa perkembangan pada IC dengan menempatkan semua komponen dari satu buah computer (central processing unit, memori, serta kendali input/output) dalam satu buah chip yang begitu kecil. Terlebih dulu, IC di buat untuk kerjakan satu pekerjaan spesifik yang khusus. Saat ini, satu buah mikroprosesor bisa di produksi serta lalu diprogram untuk penuhi semua keperluan yang diidamkan. Selang beberapa saat, tiap-tiap feature rumah tangga seperti microwave oven, tv, serta mobil dengan electronic fuel injection diperlengkapi dengan mikroprosesor. 

Perubahan yang sekian sangat mungkin orang­orang umum untuk memakai computer umum. Computer tak akan jadi dominasi perusahaan­perusahaan besar atau instansi pemerintah. Pada pertengahantahun 1970­an, perakit computer tawarkan product computer mereka ke penduduk umum. Komputer­komputer ini, yang dimaksud minikomputer, di jual dengan paket perangkat lunak yang gampang dipakai oleh kelompok pemula. Perangkat lunak yang paling popular ketika itu yaitu program word processing serta spreadsheet. Pada awal 1980­an, video bermain game pada komputer seperti Atari 2600 menarik perhatian kastemer pada computer rumahan yang lebih mutakhir serta bisa diprogram. 

Pada th. 1981, IBM mengenalkan pemakaian Personal Computer (PC) untuk pemakaian dirumah, kantor, serta sekolah. Jumlah PC yang dipakai melonjak dari 2 juta unit di th. 1981 jadi 5, 5 juta unit di th. 1982. Sepuluh th. lalu, 65 juta PC dipakai. Computer meneruskan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari computer yang ada diatas meja (desktop computer) jadi computer yang bisa dimasukkan kedalam tas (laptop), atau bahkan juga computer yang bisa digenggam (palmtop). 

IBM PC beradu dengan Apple Macintosh dalam merebutkan pasar computer. Apple Macintosh jadi populer karna mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sesaat saingannya masihlah memakai computer yang berbasiskan teks. Macintosh juga mempopulerkan pemakaian perangkat mouse. 

Pada saat saat ini, kita mengetahui perjalanan IBM compatible dengan penggunaan CPU : IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dan sebagainya. Ini semuanya masuk dalam group computer generasi ke empat. Bersamaan dengan menjamurnya pemakaian computer ditempat kerja, cara­ langkah baru untuk menggali mungkin selalu diperkembang. Bersamaan dengan jadi tambah kuatnya satu computer kecil, komputer ­komputer itu bisa dikaitkan dengan berbarengan dalam satu jaringan untuk sama-sama share memori, perangkat lunak, kabar, dan agar dapat sama-sama berkomunikasi satu dengan yang lain. Computer jaringan sangat mungkin computer tunggal untuk membuat hubungan kerja elektronik untuk merampungkan satu sistem pekerjaan. Dengan memakai perkabelan segera (dimaksud juga local ruang network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini bisa berkembang jadi begitu besar. 

Tanda-tanda computer pada generasi ke empat : 

• Digunakannya LSI, VLSI, ULSI 
• Digunakannya mikroprosesor 

Banyak perkembangan di bagian disain computer serta tehnologi makin sangat mungkin pembuatan computer generasi ke-5. Dua perkembangan rekayasa yang terlebih yaitu kekuatan pemrosesan paralel, yang juga akan menukar jenis von Neumann. Jenis von Neumann juga akan digantikan dengan system yang dapat mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja dengan serempak. Perkembangan beda yaitu tehnologi superkonduktor yang sangat mungkin aliran elektrik tidak ada rintangan apa pun, yang nanti bisa mepercepat kecepatan kabar. 

Jepang yaitu negara yang populer dalam sosialisasi jargon serta project computer generasi ke-5. Instansi ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibuat untuk mewujudkannya. Banyak berita yang menjelaskan kalau project ini sudah tidak berhasil, tetapi sebagian kabar beda kalau 
Kesuksesan project computer generasi ke-5 ini juga akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi didunia. Kita tunggulah kabar mana yang lebih valid serta membawa hasil. 
0

0 comments:

Post a Comment