Saturday, April 21, 2018

Martin Cooper Sang Penemu Handphone Pertama kali

Martin Cooper Sang Penemu Handphone Pertama kali

Martin Cooper Sang Penemu Handphone Pertama kali

CeritaDhoeloe. - Handphone waktu ini menjadi alat satu keperluan paling utama untuk manusia. Telepon Selular atau handphone yaitu satu feature telekomunikasi elektronik yg sifanya portabel atau bisa dibawa kemana saja yg memanfaatkan jaringan telepon nirkabel atau wireless, berlainan dengan telepon tempat tinggal yg memanfaatkan kabel menjadi jaringannya.

Jaringan yg dipakai handphone waktu ini ada dua yakni GSM (Global Sistem for Mobile Telecommunications) serta system CDMA (Code Division Multiple Access). Handphone atau Telepon Seluler atau Telepon Genggam menjadi revolusi atau pengembangan dari telepon umum yg diketemukan oleh Antonio Meucci. Jumlah pemakai handphone waktu ini telah lebih dari jumlah dari masyarakat dunia.

Saat ini tehnologi handphone terus terusan alami perubahan cepat, beragam feature ditanamkan di dalam handphone seperti pemutar musik, tv, internet, pemutar video call, dan sebagainya sampai banyak yg berasumsi waktu handphone waktu ini menjadi computer mini.

Sejarah Singkat Penemuan Handphone 

Tentang penemuan handphone sendiri, Martin Cooper menjadi penemu handphone pertama, Martin Marty Cooper dilahirkan tanggal 26 Desember 1928 di Chicago, Illinois, USA, beliau menjadi pimpinan dari tim insinyur dari Motorola yg benar-benar meningkatkan feature genggam atau mobile phone.

Di th. tahun 1970, John F. Mitchell sebagai kepala insinyur project komunikasi portabel Motorola. Mitchell memberi tanggung jawab pada Martin Cooper yg bekerja di divisi telepon mobil (Carphone) untuk meningkatkan handphone karna waktu itu telepon belum pula dapat dibawa kemana saja.

John Mitchell serta Martin Cooper selanjutnya berkhayal satu product komunikasi yang bisa dibawa kemana saja bukan sekedar terpaku pada mobil saja (carphone). Alat itu menurut Mitchell serta Cooper sebaiknya kecil dan cukup enteng untuk jadi alat portabel yang bisa dibawa kemana saja. Dibutuhkan saat hingg 3 bln. atau 90 hari di th. 1972 untuk buat prototipe pertama dari inspirasi handphone itu.

Penemuan Handphone Pertama 

Penemuan dengan nama “Radio Telephone System” selanjutnya yg diserahkan pada 17 Oktober 1973 untuk dipatenkan dengan nomor paten 3906166 yg selanjutnya di setujui pada September 1975 atas nama mereka. Martin Cooper dipandang menjadi penemu pertama telepon genggam seluler atau handphone dan orang pertama yg jalankan panggilan handphone pertama pada 3 April 1973 dengan memanfaatkan prototipe mobile phone

Momen bersejarah itu disaksikan di depan umum dimuka wartawan serta orang orang yg lewat di jalan kota New York. Panggilan pertama diperuntukan pada Dr. Joel S. Engel, kepala analisis di Bell Labs. Serta kalimat pertama yg disampaikan yaitu “Joel, I’m calling you from a ‘real’ cellular telephone. A portable handheld telephone. ”

Panggilan pertama itu menjadi awal pemberi tanda mulainya pergeseran fundamental tehnologi serta pasar komunikasi ke arah komunikasi telepon yg portabel di mana seorang bisa segera berkomunikasi segera dengan orang-orang, tak akan seperti jaman dulu di mana yg dituju yaitu tempat seperti telepon tempat tinggal.

Ini yaitu karya hasil dari visinya untuk komunikasi telepon genggam nirkabel personal yg membedakannya dari telepon mobil (Car Phones). Cooper selanjutnya mengungkap kalau ia memperoleh inspirasi untuk meningkatkan mobile phone sesudah melihat Kapten Kirk yg memanfaatkan satu alat komunikator pada acara serial tv Star Trek.

Meskipun digelari menjadi ‘Bapak Telepon Selular (Mobile phone) ’, dengan rendah hati Martin Cooper menyebutkan “Meskipun saya sisi dari penemuan itu, tapi karya itu yaitu kerja hasil tim serta beberapa ratus literatur orang orang yg membuat visi terkait bagaimana selular seperti hari ini, yg pasti belum pula prima. Kami masih tetap selalu bekerja serta berupaya untuk membuatnya lebih baik”.

0 comments:

Post a Comment